Translate

Minggu, 21 Agustus 2016

Sistem Pendidikan terbaik Didunia

Ketika negara Nederlands menjajah Indonesia mereka memperkenalkan sistem pendidikan formal bagi penduduk Nederlands Indies atau Hindia Belanda (cikal bakal Indonesia), meskipun terbatas bagi kalangan tertentu. Sistem yang mereka perkenalkan hampir sama dengan struktur yang ada sekarang, dengan tingkatan sebagai berikut:

* Europeesche Lagere School (ELS), sekolah dasar bangsa Eropa
* Hollandsch-Inlandsche School (HIS), sekolah dasar bagi penduduk asli
* Meer Uitgebreid Lager Onderwijs (MULO), sekolah menengah pertama
* Algemeene Middelbare School (AMS), sekolah menengah umum

Sejak tahun 1930-an, Belanda memperkenalkan pendidikan formal terbatas bagi hampir semua provinsi di Hindia Belanda.
Sekarang Pendidikan di Indonesia telah banyak mengalami perubahan. Bahkan hampir pada tiap pergantian mentri pendidikan akan terjadi pergantian sistem pendidikan terutama pada mata pelajaran tingkat Sekolah dasar, Sekolah menengah pertama dan Sekolah menegah umum. Tiap mentri baru mempunyai program baru untuk pendidikan di Indonesia dan hampir bukan meneruskan sistem pendidikan yang telah ada Sehingga hal ini banyak menimbulkan pro dan kontra pada orang tua murid dan para pengamat sistem pendidikan kita. Meskipun sistem pendidikan di Indonesia selalu mengalami perubahan pada tiap pergantian mentri pendidikan, hal ini tidak mengurangi kwalitas,kwantitas dan semangat bagi para pelajar di Indonesia pada mata pelajaran tertentu terutama matematika,fisika,kimia yang banyak menerima penghargaan lomba sains tingkat dunia!
meskipun begitu,kenyataannya sistem pendidikan di Indonesia bukanlah sistem pendidikan terbaik didunia bagi para pengamat pendidikan. Para ahli lebih memilih negara Jerman,Finlandia dan Canada sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar