Translate

Selasa, 27 September 2016

Pembongkaran Gedung Panin Bank Bintaro

Persiapan pembongkaran Gedung Bank Panin sudah dimulai  dengan datangnya alat berat. Untuk keamanan mulai dibuat pagar jaring tinggi 6 meter & parit disekeliling gedung.

Pelaksanaan pembongkaran gedung rencananya dilakukan 4 Oktober 2016, dengan surat persetujuan Pemkot Tangerang Selatan tertanggal 5 September 2016
Gedung 21 lantai yang dibangun Jaya Konstruksi tahun 1997, kini menyisakan 19 lantai karena  pada Kamis 6 Juni lalu, gedung ini sempat rubuh sebagian karena dibongkar tak sesuai prosedur.

Isu seputar kemiringan gedung dan tidak layaknya konstruksi adalah sama sekali tidak benar.

Teknik pembongkaran menggunakan crawler crane 250 T dengan wrecking ball merupakan teknik perobohan paling aman dibanding dengan  teknik blasting/bom yang belum dikenal di Indonesia karena belum ada tenaga ahli bersertifikat.

Pembongkaran dibantu juga dengan pelemahan struktur prestressed release pada balok plat lantai. Lalu dilakukan pengeboran beton dan pemberian chemical khusus pemotongan tulang dan pemasang sling baja untuk menarik dan mengarahkan jatuhnya material.

Jarak aman peruntuhan sekitar 100-150 meter. Untuk itu nanti ada penutupan/pengalihan jalan malam/dini hari. Untuk meminimalisir debu  dari peruntuhan nanti akan dibuat hujan buatan (damkar dan ‘bom air” dari atas gedung).

Pelaksana Pembongkaran PT Wahana Infonusa di awasi oleh Konsultan Arkonin & Unit Pengelola Kawasan Bintaro Jaya (Pihak Jaya Property) serta berkoordinasi dengan Satpol PP, Dishub, Damkar, Kepolisian dan rumah sakit selama proses pembongkaran.

Source : Resna Damayanti

Editor : Dimas Handono Djati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar